Tuesday, July 9, 2013

Kartun, Ide Kreatif Sosialisasi Caleg & Capres Golkar


Tak terasa, 8 bulan lagi Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 akan dilangsungkan. Setelah daftar calon sementara (DCS) keluar, para calon anggota legislatif (Caleg) berlomba-lomba menjual dirinya dengan berbagai cara. Mayoritas masih memilih cara sosialisasi konservatif, lewat media-media monolog seperti spanduk, baliho, brosur, pamflet, stiker dana banyak lagi. Pilihan above the line (ATL) ini semakin canggung saat menampilkan logo dan nomor partai besar-besar, warna dominan sesuai warna partai dan foto-foto formil caleg.


Semakin tak sedap dipandang karena para caleg berlomba-lomba tampil kaku dengan jaket partai, tangan mengepal diangkat dan semua tampilan dan atribut yang tidak natural lainnya. Alih-alih ingin menampilkan aura, wibawa dan daya tarik personal justru yang muncul adalah keengganan masyarakat melihat wajah-wajah tidak alami dipaksakan tersenyum dengan jas atau pakaian kebesaran.

Tapi di beberapa lokasi di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, saya melihat spanduk yang berbeda dan cukup menarik perhatian. Caleg dari Partai Golkar daerah pemilihan (dapil) DKI II (Jakpus, Jaksel dan Luar Negeri) bernama Fayakhun Andriadi menampilkan sosoknya dalam bentuk kartun yang lucu dan menggemaskan. Di spanduknya ia juga menampilkan sosok Ketua Umum DPP Partai Golkar yang juga calon presiden (capres) Aburizal Bakrie (ARB).


Spanduk ini justru terlihat dialogis dan interaktif. Tiap masyarakat yang lewat sedikit banyak mengomentari positif; “ih lucu ya”, “idenya unik…”, “ada-ada saja caleg satu ini, keren!” dan banyak lagi komentar saat saya berada di titik-titik pemasangan itu. Memang menarik idenya, visualisasi caleg dan capres dalam bentuk kartun cukup tepat. Mengingat mayoritas masyarakat bertipe visual disbanding auditori atau kinestetik. Walhasil, sejauh ini caleg muda Golkar ini cukup berhasil memunculkan simpati dan awareness para calon pemilihnya.


Bila semua caleg menampilkan kreativitas seperti kartun ini menjadi menarik untuk disimak. Sehingga meskipun ramai media ATL, seperti spanduk tersebar dimana-mana, masyarakat setidaknya merasa terhibur dan menikmati pemandangan yang ditampilkan. Ayo, semua caleg beradu ide dan kreativitas dalam sosialisasi. Sukses selalu untuk Fayakhun Andriadi dan Aburizal Bakrie.

2 comments:

Ace Maxs said...

Moga aja ada kandidat yang bisa memabwa perubahan untku rakyat indonesia

HunnyBunny said...

perasaan ente aja kali... yang jelas arb ga laku, dagumen

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails