Sunday, October 4, 2009

Kedudukan Ical-Paloh Masih 2-1

Persaingan Ical dan Paloh sudah jauh hari mulai panas. Mulai penentuan tanggal dan tempat pelaksanaan Munas, pemilihan Wakil Ketua DPR dari Golkar, hingga nanti perebutan kursi Ketua Umum (Ketum).

Persaingan pertama Ical-Paloh terlihat di penentuan tanggal dan tempat pelaksanaan Munas pada Rapimnas Agustus lalu. Pelaksanaan Munas yang akhirnya menentukan Pekanbaru sebagai sebagai lokasi berlangsungnya Munas disebut-sebut sebagai kemenangan kubu Ical. 1-0.

Demikian pula dengan penentuan tanggal. Ical menginginkan Munas dipercepat sebelum pelantikan presiden, agar ketua baru punya bargaining dan ikut andil dalam penyusunan kabinet di pemerintahan. kubu Ical disebut akan bergabung di pemerintahan, sementara kubu Paloh memilih oposisi. Paloh menyamakan kedudukan 1-1 karena Munas tidak dipercepat.

Persaingan kedua Ical-Paloh kembali terjadi di penentuan Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar. Kubu Ical kembali memenangkan persaingan. Priyo Budi Santoso yang disebut sebagai kubu Ical memenangkan voting atas Enggartiasto Lukito yang disebut sebagai kubu Paloh yang juga ketua dewan penasihat Golkar ini.

Pada putaran pertama, keduanya melenggang ke putaran kedua dengan perolehan suara Enggartiasto meraih 29 suara, dan Priyo 23 suara. Pada putaran kedua, Priyo berbalik unggul dengan perolehan 53 suara, sementara Enggar hanya 33. 2-1.

Pada Munas besok, pertarungan Ical-Paloh disebut sebagai pertarungan terakhir. Adu kekuatan kedua 'raksasa' partai yang berkuasa pada Orde Baru ini kemungkinan akan berlangsung alot. Akankah kubu Ical kembali memenangkan pertarungan? ataukah Surya Paloh akan menyelip tak terduga dan menyamakan kedudukan?

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails