Wednesday, June 11, 2008

Pilkada Kaltim: GOLKAR Kalah Lagi!

Rapat Pleno Terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim menetapkan putaran kedua untuk Pemilihan Gubernur Kaltim 2008-2013, di Hotel Senyiur Samarinda, Selasa (10/6). Hasil final penghitungan suara, pasangan Awang Faroek Ishak-Farid Wadjdy (AFI), memperoleh suara tertinggi. AFI mendapat 426.325 suara atau 28,90%, sedangkan pasangan Achmad Amins-Hadi Mulyadi (AHAD), kader GOLKAR yang diusung PKS mendapat 396.784 suara atau 26,9%.

Pasangan yang diusung Partai GOLKAR, Jusuf SK-Luther Kombong (Ju-Lu) hanya berada di tempat ketiga dan mendapat 371.229 Suara atau 25,16%. Dibawahya ada pasangan dari PDIP, Nusyirwan Ismail-Heru Bambang (Nusa Hebat).

Achmad Amin- Hadi Mulyadi (AHAD) menang di 3 kabupaten/ kota yakni, Berau, Bontang, Samarinda. Awang Faroek-Farid (AFI) menang di 4 kabupaten/ kota Penajam Paser Utara, Kutai Timur, dan Kutai Kartanegara dan Kutai Barat. Pasangan Jusuf SK-Luther Kombong menang di 5 kota yakni, Tarakan, Paser, Nunukan, Malinau, Bulungan, dan pasangan Nusyirwan Ismail-Heru Bambang hanya menang di Balikpapan.

Jika akhir penghitungan suara keduanya tak mencapai perolehan lebih dari 30% suara sah, maka Pilgub akan digelar ke putaran kedua, dengan catatan apabila KPUD Kaltim menggunakan UU No.12/2008, dalam penetapan penghitungan suara. Bila itu terjadi, PDIP yang mengusung Nusyirwan-Heru (Nusa Hebat) dan Golkar yang mengusung Jusuf SK-Luther Kombong (Ju-Lu), akhirnya harus menentukan keberpihakan di putaran kedua.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails