Friday, October 24, 2008

Dana Kampanye Golkar TERBATAS!

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar mengakui dana kampanye tak sebanyak lima tahun lalu. Akibatnya, pengurus pusat harus mengatur penggunaan dana itu seefisien mungkin. "Dana yang sekarang terbatas sumbernya," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Rully Chairul Azwar.

Golkar, kata Rully, sebelumnya mendapat pasokan dana dari berbagai yayasan yang didirikan pada pemerintahan orde baru. Selain itu, sejumlah BUMN ikut menyumbang pundi-pundi uang partai itu. "Dana Golkar sekarang bukan dari negara," ujarnya.

Keterbatasan dana itu, ujar dia, disiasati bendahara Golkar dengan memesan logistik kampanye di satu pabrik yang menawarkan harga termurah. Partai, dia melanjutkan, sudah melakukan lelang dalam pengadaan logistik itu. "Jumlahnya diatur supaya semua dapat merata," katanya.

Selain itu, Undang-undang Partai Politik dan Pemilu Legislatif mensyaratkan partai memiliki laporan keuangan yang diaudit kantor akuntan publik. Selain itu, jumlah maksimal sumbangan dana kampanye dari perusahaan maupun individu dibatasi Rp.5 dan Rp.1 Miliar.

Krisis keuangan global yang berdampak di Indonesia juga dirasakan Partai Golkar. Saat ini, Golkar baru mengumpulkan kurang dari setengah dana yang dibutuhkan untuk kampanye.

2 comments:

Arie said...

Salam dari kabupaten Batu Bara, SUMUT.

Lama sdh tdk ikuti situs Golkar. sbelumnya saya hanya ikut di Forum Anggota.
Ttg dana kampanye 2009, kesulitan DPP pasti lebih dirasakan Golkar di daerah. Khusus kami di DPD kab.Batu Bara,kesulitan dana lebih parah setelah Cabup/Cawabup Golkar kalah dlm Pilkada 16-Okt-08. Ini menyusul kekalahan Cagub di Pilgubsu 16- Apr-08 lalu.

Beberapa donatur Golkar di sini sdh mulai "hengkang". Donatur yg masih bertahan sdh mulai merasa "kering".

Maka utk dana 2009, kami di Batu Bara, berharap kerja sama dgn caleg2 DPRD Propinsi & DPR-RI. Bang Ali Wongso, bang Azis Angkat, bang Anthon dll, kami tunggu solusinya.

Salam 23,
PARLIN PANJAITAN
DPD PG kab.Batu Bara

Anonymous said...

Golkar berguru aja pada PKS...biar tau agama banyak.
negara ini sudah pernah dipimpin golkar, tapi kenyataanya..??????????????!!!!!!!!!
BOBROK DAN BOBROK!!!!
IJINKAN PKS MENATA ULANG TAMAN INDONESIA.....ALLAHUAKBAR!!!!!!!

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails