Wednesday, November 26, 2008

Sri Sultan HB X: Kekuasaan Bukan Tujuan, Hanya Sarana

Sri Sultan Hamengku Bowono (HB) X mengatakan, kekuasaan baginya bukan tujuan utama dalam politik, tetapi lebih dari itu hanyalah sebuah sarana untuk melayani rakyat banyak. "Inilah sikap dasar pelayanan dalam Keraton Yogyakarta yang tidak akan saya tinggalkan, jika kelak harus mengabdi di arena politik dan pemerintahan yang lebih luas," kata Gubernur DI Yogyakarta itu.

Sri Sultan HB X mengakui bahwa ayahandanya, Sri Sultan HB IX yang juga mantan Wakil Presiden era Soeharto, lebih memilih diam selama Indonesia berada dalam pemerintahan Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto. "Ayah ku memilih diam hanya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Tetapi, ia menyadari bahwa diam itu tidak baik karena dua rejim kekuasaan itu telah membawa ke Indonesia ke arah yang lebih buruk yang terlihat dari terus meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran," ujarnya.

Kata Sultan HB X, sebelum ayahnya wafat, ia meminta dirinya untuk lebih berani mengatakan bahwa benar adalah benar dan salah adalah salah guna membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Sehubungan dengan itu, selama menjalankan tugas sebagai Gubernur DI Yogyakarta, Sultan HB X tidak mau berurusan dengan proyek. "Bagaimana rakyat menilai saya? Jika kemudian terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari urusan proyek pemerintahan tersebut. Saya tidak mau rakyat Yogyakarta meninggalkan Keraton hanya karena ulah seorang Sultan yang selama ini menjadi panutan rakyat," katanya.

Atas dasar itu, ia akan terus mengemban amanat tersebut jika kelak rakyat menghendaki dirinya menjadi presiden pada pemilu presiden 2009 mendatang. "Kekuasaan bukanlah tujuan saya, tetapi lebih dari itu hanyalah sarana untuk melayani kepentingan rakyat banyak tanpa membedakan suku dan agama, serta golongan dan warna kulit," katanya menambahkan.

1 comment:

Dreams of Bayu Permono said...

GOLKAR JANGAN TAKUT UNTUK MENGUNG CAPRES SENDIRI... SAYA MENDUKUNG PENCALONAN JK & HB

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails